Jenis Pupuk Organik dan Non Organik, Mana yang Terbaik?

In Pupuk 166 views

Pupuk Organik dan Non Organik – Kita semua memang tidak mempertanyakan kesuburan dari lahan pertanian dan tanah-tanah yang ada di Indonesia. Kendati demikan, setiap tanaman yang ditanam memerlukan suplai nutrisi, yang mana bisa dicukupi dengan pemakaian pupuk.

Namun, ada berbagai macam jenis pupuk, sehingga kita pun harus mengetahui perbedaan satu sama lainnya. Mengenai perbedaan, kali ini akan disuguhkan topik seputar perbedaan pupuk organik dan non organik.

Dari pembahasan mengenai pupuk organik dan non organik, maka akan memperoleh kesimpulan mana yang terbaik. Dengan begitu, tak perlu merasa kebingungan lagi hendak memilih dan memakai pupuk yang mana.

Pupuk Organik dan Non Organik

1. Pupuk Organik

Pupuk organik terbuat dari olahan sisa-sisa tumbuhan, tumbuhan mati, kotoran hewan atau limbah organik. Bentuk dari pupuk ini, ada yang padat dan ada pula yang berbentuk cair (baca : pupuk organik cair). Sementara fungsinya berguna untuk menyuburkan dan juga mengatasi berbagai sifat tanah yang merugikan tanaman. Baca : jenis pupuk organik

Pupuk organik pun dianggap sebagai pupuk alami, karena bahan pembuatannya terbuat dari bahan-bahan yang alami, sehingga di dalamnya juga terkandung unsur hara makro, unsur hara mikro dan juga zat-zat penting yang dibutuhkan tanaman.

Perlu diketahui juga, sifat pupuk organik bukan hanya menutrisi tanaman, tapi juga berperan untuk memperbaiki sifat tanah dan meningkatkan kemampuan tanah. Kendati memiliki kandungan unsur hara lengkap, tapi jumlahnya lebih kecil dan lebih sedikit, sehingga harus diberikan dalam jumlah banyak terhadap tanaman.

Selain itu, hasil yang diberikan pun akan lebih lambat jika dibandingkan dengan pemakaian pupuk anorganik / pupuk non organik, namun lebih aman terhadap tanaman dan tidak akan merusak fungsi, kesuburan, struktur beserta sifat tanah. Pasalnya, pupuk organik berperan sebagai penjaga sekaligus penyangga keseimbangan ph tanah.

jenis pupuk organik tanaman

Foto : wikipedia.org

2. Pupuk Anorganik / Non-organik

Pupuk Non-organik / anorganik dihasilkan dari proses rekayasa fisika, kimia hingga biologi dari hasil pabrik ataupun industri pembuatan pupuk. Adapun kandungan yang ada di dalamnya berupa unsur hara makro yang ditambahkan oleh bahan kimia dan bahan sintetis. Itu termasuk hal utama dari perbedaan pupuk organik dan non organik yang harus diketahui.

Apabila dilihat dari komposisinya, pupuk non organik memiliki kandungan bahan kimia dan bahan sintetis yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan unsur hara. Oleh karena itu, pemakaian dan pengaplikasiannya pada tanaman tidak boleh sembarangan, karena harus benar-benar sesuai dengan anjuran takaran.

Penggunaan pupuk anorganik / non organik yang berlebihan bukan hanya dapat merusak tanaman tapi juga dapat merusak tanah. Hal ini disebabkan karena jenis pupuk yang satu ini, sangatlah mungkin mempengaruhi dan mengubah tingkat keasaman tanah.

Dengan demikian, pertanyaan mengenai perbedaan pupuk organik dan non organik terjawab sudah. Kendati demikian, pemilihan penggunaan jenis pupuk bukan sesederhana itu, karena pemakai harus menggunakan pupuk sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi jika ditelusuri lagi pupuk organik dan non organik memiliki berbagai jenis, sehingga harus menentukan pilihan dengan bijak. Dari kekurangan dan kelebihan pupuk organik dan non organik diatas silahkan simpulkan mana yang terbaik untuk kebutuhan masing-masing.

Tags: #jenis pupuk organik #pupuk #pupuk anorganik #pupuk non organik #pupuk organik

Cara Membuat Pupuk Cair Aquascape Sederhana Dari Ampas Kopi
Cara Membuat Pupuk Cair Aquascape Sederhana Dari Ampas Kopi
Pupuk Cair Aquascape Dari Ampas Kopi –
5 Jenis Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman dan Pengertiannya
5 Jenis Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman dan Pengertiannya
Pupuk Organik dan Jenisnya – Dunia pertanian
Cara Membuat Pupuk Organik Cair
Cara Membuat Pupuk Organik Cair
Membuat Pupuk Organik Cair – Tanaman membutuhkan
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Alami Sederhana
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Alami Sederhana
Nutrisi Hidroponik Alami – Hidroponik merupakan media
Cara Membuat Pupuk Organik Sederhana dari Kotoran Kambing
Cara Membuat Pupuk Organik Sederhana dari Kotoran Kambing
Membuat Pupuk dari Kotoran Kambing – Cara
Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana
Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana
Membuat Pupuk Organik Padat – Dalam dunia
Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun dan Kotoran Ternak
Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun dan Kotoran Ternak
Membuat Pupuk Kompos – Bagi tanaman pupuk adalah
Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaatnya
Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaatnya
Jenis Pupuk Kompos – Karena kita bicara masalah

Leave a reply "Jenis Pupuk Organik dan Non Organik, Mana yang Terbaik?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top