Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun dan Kotoran Ternak

In Pupuk 2427 views

Membuat Pupuk Kompos – Bagi tanaman pupuk adalah sumber hara atau makanan yang sangat bergizi yang berguna untuk tumbuh kembang tanaman. Selain itu juga pupuk juga berfungsi sebagai media tanam (baca : membuat media tanam subur) bagi tanaman. Pupuk ada banyak jenis dan macamnya, salah satunya yaitu pupuk kompos (baca : jenis pupuk kompos).

Pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dari sisa-sisa makhluk hidup bisa dari dedaunan bekas tumbuhan kotoran hewan seperti kotoran sapi goreng ayam kotoran kambing atau sampah organik sisa-sisa organisme tersebut diurai oleh mikroorganisme atau makroorganisme yang biasa disebut dengan dekomposer.

Membuat pupuk kompos memang tidaklah sulit, selain itu kita juga bisa sekaligus membersihkan lingkungan sekitar dari sampah daun atau batang pisang yang tidak terpakai. Lingkungan bisa bersih dan tanaman bisa subur.

Dalam membuat pupuk kompos kita bisa menggunakan metode anaerob (tanpa udara) dan metode aerob (dengan udara), nanti dibawah akan kita bahas kedua caranya. Bentuk pupuk kompos juga bermacam-macam ada yang berbentuk cair, ada yang berbentuk padat, bahkan ada yang berbentuk tablet. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba pembuatan pupuk kompos yang berbentuk padat karena cara ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekkan.

Cara Membuat Pupuk Kompos

Bahan pupuk kompos

Dalam membuat pupuk kompos perlu diperhatikan beberapa bahan organik yang digunakan sebaiknya menggunakan bahan organik yang mengandung karbon nitrogen kadar air sekitar 40 sampai 50% dan PH sekitar 6 sampai 8.

Berikut ini beberapa bahan yang sering digunakan untuk pembuatan pupuk kompos yaitu : jerami, gedebog pisang/batang pisang. kotoran hewan ternak (ayam, sapi, kambing), atau hijauan leguminosa (tanaman pakan ternak seperti Daun Kaliandra, Gamal, Lamtoro, Turi, Indigofera, Sentro, Puero, Orok-orok, Kacang Pinto, Kembang Telang, Lablab, Kalopo, Sorghum, Legetan), bisa juga dikombinasikan dengan sekam bakar (baca : membuat sekam bakar).

Pupuk kompos metode aerob

Pembuatan kompos dengan cara terbuka melibatkan udara.

membuat pupuk kompos

Foto dari https://www.facebook.com/valdo.costa

  1. Sediakan tempat untuk membuat pupuk kompos, tempat yang ideal berukuran sekitar 5-10 meter kubik (sesuai kebutuhan) bisa dengan menggunakan papan cor atau ember besar yang dilubangi bawahnya jika hanya untuk kebutuhan skala rumah tangga.
  2. Lokasi tempat pembuatan baiknya terlindung dari sinar matahari langsung atau hujan, bisa ditutup dengan terpal.
  3. Siapkan bahan-bahan organik seperti sisa-sisa tanaman, jerami, batang pisang, kotoran ternak, atau bahan organik lainnya. Potong-potong bahan organik menjadi kecil agar lebih cepat terurai dan muat banyak.
  4. Masukkan bahan organik ke dalam wadah atau bak penampung sampai padat, isi sampai penuh setelah itu siram dengan air, air bisa dicampur dengan larutan EM4 untuk mempercepat pembusukan.
  5. Biarkan selama 2-4 hari.
  6. Di hari ke 4 siram kembali dengan air untuk menurunkan suhu agar mikroorganisme tidak mati.
  7. 3-4 Hari sekali bulak-balikkan bahan-bahan kompos agar menjaga suhu tetap optimal.
  8. Biasanya dalam waktu 40-45 hari kompos sudah jadi, kompos yang sudah jadi ditandai dengan warna hitam kecoklatan, halus atau gembur, tidak berbau, dan menyusut dari bahan awal sekitar 50%.

Pupuk kompos metode anaerob

Pembuatan kompos dengan cara tertutup.

membuat pupuk kompos

Foto dari https://www.facebook.com/maryono.prasetyo.3

  1. Sediakan wadah tertutup seperti tong atau ember tertutup sebagai wadah yang akan kita gunakan
  2. Siapkan starter sebagai dekomposer. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 cc EM4, 1 liter air, dan 1 gram gula, diamkan selama 1 hari (24 jam).
  3. Siapkan terpal plastik untuk dijadikan alas, rajang bahan organik simpan diatas terpal. Bahan organik bisa menggunakan kedebong pisang, hijauan, jerami, atau serbuk gergaji. Rajang sampai halus lebih halus maka lebih bagus.
  4. Semprotkan starter (larutan EM4) yang telah kita buat tadi pada bahan organik yang sudah dihaluskan secara merata.
  5. Masukkan bahan-bahan yang telah di rajang halus kedalam tong yang kedap udara. Tutup rapat-rapat dan biarkan 3-4 hari agar bahan-bahan bisa berfermentasi dengan baik. Setelah 4 hari pupuk bisa di cek sudah matang atau belum. Tanda pupuk yang sudah matang yaitu pupuk memiliki bau seperti bau tape.

Baca juga :

  • pupuk kompos
  • pupuk kompos terbuat dari
  • cara membuat pupuk kompos
  • https://www caramenanam org/membuat-pupuk-kompos-padat/
  • Kompos
  • cara membuat pupuk kompos dari daun
  • bahan membuat pupu kompos
  • Cara membuat pupuk
  • membuat pupuk kompos
  • cara buat pupuk kompos

Tags: #jenis kompos #kompos #pupuk kompos cair #pupuk kompos dari daun #pupuk kompos kotoran sapi #pupuk kompos organik

author
Author: 
    Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana
    Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana
    Membuat Pupuk Organik Padat – Dalam dunia
    Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaatnya
    Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaatnya
    Jenis Pupuk Kompos – Karena kita bicara masalah

    Leave a reply "Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun dan Kotoran Ternak"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Must read×

    Top