Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaatnya

In Pupuk 3139 views

Jenis Pupuk Kompos – Karena kita bicara masalah tanaman maka secara otomatis kita juga akan berbicara masalah pupuk. Pupuk adalah salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Bagi tanaman pupuk merupakan makanan bergizi yang sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan hidupnya.

Ada berbagai macam jenis pupuk dan kegunaannya. Mulai dari pupuk organik, pupuk buatan, dan lain sebagainya, pupuk kompos termasuk kedalam pupuk organik.

Ada beberapa macam pupuk kompos dengan kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya, pembuatannya ada dengan metode alami ada juga dengan metode buatan.

Pupuk kompos adalah salah satu pupuk organik yang terdiri dari makhluk hidup (tanaman, hewan) yang terurai dengan bantuan mikroorganisme atau makroorganisme. Pupuk kompos berguna sebagai makanan dan penambah gizi bagi tumbuhan.

Di alam (contohnya hutan) pengkomposan ini terbentuk secara alami, yaitu dari dedaunan dan bangkai hewan yang mati. Humus yang dihasilkan berputar kembali untuk kemudian diserap oleh tumbuhan dan tumbuhan akan dimanfaatkan oleh hewan-hewan. Pengkomposan di alam ini ditiru oleh manusia dengan metode yang lebih cepat tentunya.

Ada beberapa jenis kompos yang bisa kita buat atau kita manfaatkan untuk tanaman. Mari kita bahas beberapa jenis pupuk kompos dan kegunaannya.

Jenis-jenis Pupuk Kompos

Baca : cara membuat pupuk kompos

Jenis pupuk kompos ini dibedakan oleh tiga faktor, yang pertama metode pembuatannya, bentuknya, dan dekomposernya (yang mengurainya).

jenis pupuk kompos

Foto koombis.com

Kompos aerob

Jenis pupuk kompos aerob adalah pupuk kompos yang pembuatannya melibatkan udara (oksigen). Pembuatan kompos aerob bisa berasal dari campuran bahan-bahan organik bisa dari tumbuhan, hewan, sampah rumah tangga dll yang dibiarkan pada wadah terbuka (tersentuh oksigen/udara).

Lamanya proses pembuatan pupuk kompos ini tergantung dari bahan penyusun dan jenis dekomposernya. Biasanya pembuatan pupuk kompos ini memakan waktu 30-50 hari.

Kompos anaerob

Pupuk kompos anaerob mirip dengan pupuk kompos aerob, perbedaannya hanya pada proses pembuatannya. Pupuk anaerob dalam pembuatannya tidak dalam wadah terbuka melainkan dalm wadah tertutup (tidak menyentuh udara). Contohnya pupuk bokashi.

Vermikompos

Vermi kompos adalah pembuatan kompos yang memanfaatkan makroorganisme, biasanya menggunakan cacing tanah atau belatung sebagai dekomposernya. Kotoran yang dihasilkan cacing tanah inilah yang jadi pupuk untuk tanaman (vermikompos).

Pupuk Takakura

Pupuk takakura adalah pupuk kompos yang pembuatannya dengan limbah rumah tangga dengan bantuan mikroorganisme. Starter (mikroorganisme) untuk pupuk ini perlu dibuat terlebih dahulu, kapan-kapan nanti kita bahas pembuatannya yah.

Pupuk organik cair

Pupuk organik cair adalah pupuk kompos yang berbentuk cair dengan pengkomposan basah, biasanya pengaplikasiannya untuk di semprot (untuk daun) atau bisa juga untuk tanaman hidroponik. Pupuk ini bisa lebih cepat diserap oleh tanaman. Pembuatannya bisa aerob atau anaerob.

Pupuk organik tablet

Mirip dengan pupuk cair, hanya saja pupuk organik tablet ini dibentuk bulat-bulat menyerupai tablet sehinga lebih mudah pemberiannya dan tidak kotor. Cocok untuk tanaman pot atau tanaman perumahan.

Selain jenis pupuk kompos diatas masih ada beberapa pupuk kompos lagi. Yang intinya pupuk kompos adalah pupuk yang berasal dari penguraian bahan organik (tanaman, hewan, dll) oleh pengurai.

Baca juga :

  • jenis jenis kompos
  • jenis jenis pupuk organik cair adalah
  • jenis jenis pupuk bokasi
  • contoh pupuk kompos
  • jenis kompos
  • jenis jenis pupuk kompos dari limbah
  • jenis jenis pupuk kompos
  • jenis jenis pupuk ko
  • jenis jenis kompos organi
  • pupuk kompos anaerob

Tags: #jenis pupuk kompos #membuat pupuk #membuat pupuk kompos #pupuk #pupuk kompos #pupuk tanaman

Cara Membuat Pupuk Cair Aquascape Sederhana Dari Ampas Kopi
Cara Membuat Pupuk Cair Aquascape Sederhana Dari Ampas Kopi
Pupuk Cair Aquascape Dari Ampas Kopi –
Jenis Pupuk Organik dan Non Organik, Mana yang Terbaik?
Jenis Pupuk Organik dan Non Organik, Mana yang Terbaik?
Pupuk Organik dan Non Organik – Kita
5 Jenis Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman dan Pengertiannya
5 Jenis Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman dan Pengertiannya
Pupuk Organik dan Jenisnya – Dunia pertanian
Cara Membuat Pupuk Organik Cair
Cara Membuat Pupuk Organik Cair
Membuat Pupuk Organik Cair – Tanaman membutuhkan
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Alami Sederhana
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Alami Sederhana
Nutrisi Hidroponik Alami – Hidroponik merupakan media
Cara Membuat Pupuk Organik Sederhana dari Kotoran Kambing
Cara Membuat Pupuk Organik Sederhana dari Kotoran Kambing
Membuat Pupuk dari Kotoran Kambing – Cara
Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana
Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana
Membuat Pupuk Organik Padat – Dalam dunia
Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun dan Kotoran Ternak
Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun dan Kotoran Ternak
Membuat Pupuk Kompos – Bagi tanaman pupuk adalah

Leave a reply "Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaatnya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top