Cara Menanam Cabe Rawit Di Rumah Agar Cepat Panen

In Cara Menanam 251 views

Cara Menanam Cabe Rawit – Cabe rawit merupakan salah satu komoditi pakan yang sangat disukai masyarakat, khususnya di Indonesia. Apalagi bagi anda para penyuka pedas tentu tidak afdol jika makan tanpa cabai hehe. Selain itu cabe rawit merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan sambal, baik itu sambal untuk bumbu masakan ataupun sambal siap santap.

Menanam cabe rawit sendiri di rumah bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Cabe rawit sangat mudah sekali tumbuh, bisa ditanam di dalam pot, polybag, atau langsung di tanah di pekarangan rumah. Tetapi walaupun menanam cabe rawit itu termasuk mudah kita tidak boleh menyepelekannya dan harus memperhatikan faktor-faktor yang bisa mempercepat tumbuhnya cabe rawit. Jika pertumbuhannya lancar tentu saja cabe rawit cepat panen.

Manfaat menanam cabe rawit di rumah sendiri juga bisa langsung kita rasakan, saya juga merasakannya sendiri apalagi kalau malam-malam ingin makan mie pedas, bisa langsung petik cabe segar di belakang rumah. Ditambah lagi akhir-akhir ini harga cabe rawit suka tiba-tiba mahal dipasaran, tentu jika punya sendiri tidak akan kesulitan yah. Oke berikut langkah-langkah menanam cabe rawit.

Cara Menanam Cabe Rawit

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menanam cabe yang benar agar berbuah lebat dan cepat panen.

Memilih bibit cabe

Benih cabe yang baik sangat diperlukan untuk menghasilkan tanaman cabe yang berkualitas. Percuma kan jika kita sudah cape cape menanam cabe rawit yang tetapi cabe yang dihasilkan kurang baik. Bibit cabe rawit yang baik bisa di dapatkan di toko-toko pertanian. Tetapi jika anda tidak bisa menemukannya anda juga bisa membuat bibit cabe rawit sendiri dengan cara mengambil biji dari cabe rawit yang sudah matang. Ambil bijinya dan jemur sampai kering semakin kering bibit cabai akan semakin baik.

Tetapi bibit cabai rawit dari hasil mengambil dari buahnya tidak bisa kita prediksi hasilnya, terkadang ada yang bagus terkadang ada yang kurang. Amannya sih kita beli saja bibitnya di toko pertamian. Umur panen dari bibit dari toko pertanian juga biasanya lebih singkat, jadi cabe rawit cepat panen.

Memilih lahan penanaman

Untuk menanam cabe rawit sendiri di rumah bisa menggunakan berbagai macam lahan atau media tanam. Kita bisa menggunakan polybag, pot, hidroponik (menanam cabe rawit hidroponik) atau langsung di tanah di halaman rumah. Yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan media tanam terlebih dahulu. Untuk mempersiapkan media tanam kami sudah membuat artikel khusus dalam membuat media tanam baca : membuat media tanam subur.

Menyemai benih cabe rawit

Selanjutnya yaitu kita lakukan penyemaian benih. Untuk menyemai benih cabe rawit kita memerlukan tanah kompos atau sekam bakar yang dicampur tanah untuk media penyemaian, untuk membuat sekam bakar sendiri bisa membaca : cara membuat sekam bakar.

Cara menyemainya yaitu bibit cabe yang sudah kering kita rendam dengan air hangat jangan terlalu panas cukup air hangat saja, rendam bibit cabe rawit ke dalam air hangat kurang lebih 10 sampai 15 menit, setelah itu masukkan ke dalam media penyemaian (nanti dipindahkan ke media tanam jika sudah berukuran 5 cm) atau bisa langsung di taruh di media tanam. Siram setiap hari dan tunggu benih tumbuh.

Menanam cabe rawit

Menanam cabe rawit baiknya memperhatikan jarak tanamnya, minimal berjarak 50-60 cm antara cabe satu dengan lainnya. Jika di lingkungan tempat menanam cabe rawit terdapat binatang seperti ayam, bebek, atau unggas lainnya berikan bedeng-bedeng penutup agar bibit cabai tidak dimakan nantinya.

Jika sebelumnya menggunakan media penyemaian cabe rawit pindahkan ke media tanam pada saat pagi atau sore hari agar cabe tidak layi, jika sudah menanam langsung berarti tidak usah dipindahkan hehe.

Pemeliharaan cabe rawit

Pemeliharaan cabai rawit tidak rumit kok, cukup membersihkan dari rumput liar, memberinya pupuk (bisa pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk kimia dan lainnya) agar hasilnya lebih bagus dan cabai tumbuh berbuah banyak.

Cabe rawit bisa dipanen saat usianya 60-80 hari, pemanenan cabe rawit bisa dilakukan selama 2-3 hari sekali tergantung buah yang dihasilkan cabai. Nah demikianlah cara menanam cabe rawit yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah, semoga bisa bermanfaat nantinya.

Baca juga :

  • agar cabe hidroponik cepat berbuah
  • cara menanam budi daya cabe rawit langsung ke lahan
  • Cara budidaya cabe rawit bencing
  • cara budidaya cabai rawit tanpa polybag lngsung ditanah yang sudah dikasih pupuk kandng
  • cabe setan cepat berbuah
  • budidaya cabe tidak rumit
  • budidaya cabai rawit
  • bibit rawit usia panen tercepat cabe rawit
  • bibit cabai usia 60 hari
  • www cara menanam keptimun

Tags: #cabe #cara menanam cabe #menanam cabe rawit

author
Author: 
    Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Berbunga Lebat
    Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Berbunga Lebat
    Menanam Bunga Anggrek – The Orchidaceae atau bunga
    Cara Menanam Cabe Keriting Di Polybag di Rumah
    Cara Menanam Cabe Keriting Di Polybag di Rumah
    Cara Menanam Cabe Keriting – Chili pepper atau cabe
    Cara Menanam Bawang Putih di Rumah dengan Pot atau Polybag
    Cara Menanam Bawang Putih di Rumah dengan Pot atau Polybag
    Cara Menanam Bawang Putih – Allium sativium atau
    Cara Budidaya Buah Naga yang Baik dan Benar untuk Pemula
    Cara Budidaya Buah Naga yang Baik dan Benar untuk Pemula
    Budidaya Buah Naga – Cara budidaya buah

    Leave a reply "Cara Menanam Cabe Rawit Di Rumah Agar Cepat Panen"

    Must read×

    Top